Ekologi

22.17 Syarif Hidayat 0 Comments



Klasifikasi Ekologis Air Tawar

A.    Berdasarkan Niche
Tumbuhan sebagai produsen
·      Autotrof
Organisme autotrof adalah organisme yang dapat mensintesis makanannya sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia, peranannya sebagai produsen dalam ekosistem air tawar, contohnya  tumbuhan hijau.
·      Fagotrof
Penyu sebagai konsumen
Organisme fagotrof adalah organisme pemakan organisme lain/makro konsumen (karnivora predator, parasit), peranannya adalah konsumen dalam ekosistem air tawar.
·      Sapotrof
Jamur sebagai konsumen/dekomposer
Organisme sapotrof adalah organisme yang dapat hidup pada substrat sisa-sisa organisme/pemakan sampah atau sisa organisme lain, perananya adalah konsumen dalam ekosistem air tawar.

B.     Berdasarkan Model Kehidupan
·      Bentos
Contoh Bentos
Hewan atau tumbuhan yang hidup di dasar perairan/endapan. Bentos dapat sessil (melekat/bergerak bebas). Klasifikasi bentos menurut ukurannya yaitu Makrobenthos (memiliki ukuran lebih besar dari 1 mm) contohnya cacing, Meiobenthos (memiliki ukuran antara 0,1-1 mm), contohnya nematoda dan Mikrobenthos (memiliki ukuran lebih kecil dari 0,1 mm) contohnya bakteri. Berdasarkan morfologi dan cara makanannya bentis dapat dibagi menjadi 4 yaitu a). Bentos pemakan deposit yang selektif, b). Bentos pemakan deposit yang  tidak selektif, c). Bentos pemakan alga, e). Bentos omnivora/predator
·      Perifiton
Hewan atau tumbuhan yang melekat/bergantungan pada tubuhan/benda lain seperti batu-batuan, contohnya keong.
Perifiton

·      Plankton
Jenis-jenis plankton
Organisme yang biasanya melayang-layang (bergerak pasif) mengikuti aliran air, dan juga merupakan organisme yang sangat penting di dunia karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut, ukurannya kecil, walaupun sejenis benda hidup, planton tidak mempunyai kekuatan  untu melaean arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya. Plantkton terbagi atas 2 yaitu fotoplankton ( plankton  tumbuhan), dan zooplankton (plankton hewan).
·      Nekton
Organisme yang tinggal di dalam kolom air baik di perairan tawar maupun  laut, juga dapat diartikan sebagai organisme yang aktif berenang dalam air. Nekton terbagi atas 3 kelas yaitu Vertebrata ( ikan), Molusca (cumi-cumi dan kerang), Crustacea (lobster, udang, dan kepiting).
Ikan sebagai nekton

·      Neuston
Organisme yang mengapung/berenang/beristirahat di permukaan air atau bertempat pada permukaan air, contohnya serangga air.
Salah satu contoh neuston
 Secara umum ekosistem air tawar dapat ditunjukkan dengan gambar berikut:






 

You Might Also Like

0 komentar: